twitter
rss

1. Arti Pentingnya Pancasila dalam Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Sebagai ideologi dan dasar negara, pancasila mempunyai fungsi sebagai acuan bersama, baik dalam memecahkan perbedaan serta pertentangan politik di antara golongan dan kekuatan politik yang ada. Ini berarti bahwa segenap golongan dan kekuatan yang ada di Indonesia ini sepakat untuk menjaga, memelihara, dan mempertahankan Negara Indonesia dengan bingkai Pancasila.

Selain itu secara nyata telah sering diakui adanya upaya-upaya untuk memecah belah Negara Indonesia, misalnya lewat pemberontakan Madiun 1948 maupun penghianatan G 30 S/PKI tahun 1965. Namun semua itu dapat digagalkan berkat kesepakatan segenap golongan bangsa indonesia untuk tetap mempertahankan Negara Republik Indonesia dengan landasan dasar dan Ideologi Pancasila.

2. Upaya Mempertahankan Ideologi dan Dasar Negara Pancasila

Kita menggunakan Pancasila sebagai dasar atau pondasi berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dasar negara dapat mempersatukan bangsa Indonesia yang terdiri dari banyak suku, agama, dan adat istiadat/ kebudayaan. Dasar negara Pancasila sangatlah lengkap, berisikan sila-sila sesuai keinginan/ kebutuhan bangsa Indonesia seperti kebutuhan akan kehidupan yang berketuhanan atau beragama, kemanusiaan persatuan, kerakyatan atau demokrasi, dan kebutuhan akan keadilan sosial. Dan kita juga harus mempertahankan Pancasila.
Apakah yang dimaksud dengan mempertahankan Pancasila? Mempertahankan berarti mengusahakan agar sila-sila dalam Pancasila dilaksanakan dengan baik dalam kehidupan bermasyarakat atau benegara.
Usaha pertama adalah dengan jalan melaksanaknan sila-sila pancasila dalam kehidupan benegara. Seperti, pemerintah dalam semua tindakannya hendaknya memperhatikan hak-hak semua warga negara.
Usaha kedua adalah dalam kehidupan sehari-hari masyarakat hendaknya senantiasa memperhatikan kehidupan beragama, mementingkan keadilan sosial, mementingkan persatuan, menjunjung tinggi demokrasi.

By :
  • Hantoro Wicaksono
  • Dimas Gianitra
  • Rizti Kinanti Putri
  • Mega Wardah Amalia
  • Fikri Fachrudin

0 komentar: